?

Log in

No account? Create an account

DONOR KORNEA

Jumat kemaren adalah hari kuliah terakhir di Mata.. Setelah HANYA dalam waktu 2 minggu otak kami diisi dengan berbagai perilmuan Mata, tiba saatnya hari-hari ujian.. Yak,, tepatnya Selasa-Rabu depan..

 

Tapi bukan itu yang mau Romz ceritain..

 

Diskusi Pagi terakhir Jumat kemarin menyisakan cerita yang berkesan bagi Romz (dan Ria, mungkin, karena kami ngikik bareng..).. Iya,, jadi ceritanya Diskusi Pagi kemaren itu temanya Trauma Tumpul Pada Mata yang dibawakan oleh duo Manusia Trauma: Ria dan Ayu (PSSS Trauma, PresKas Trauma, DP juga Trauma) dengan naraseumber dr. Johan..

 

Entah bagaimana detail ceritanya,, pokoknya intinya tiba-tiba kami membicarakan tentang Donor Kornea. dr. Johan cerita bahwa di Filipina, orang yang mau donor kornea tuh banyak.. Sedangkan di Indonesia sedikit,, makanya susah kalau orang Indonesia butuh donor kornea karena dia harus impor dari Filipina,, yang harganya bisa sampe 25 juta-an,, padahal kalau made in Indonesia paling cuma 5 juta-an.. Tapi ya masalahnya itu.. kaga ada yang mau donorin korneanya..

 

Nah, data orang yang meninggal di Indonesia dalam sebulan (entah berapa.. Romz lupa..) tuh lebih banyak daripada di Filipina,, namun di Indonesia orang meninggal yang mau donorin kornea paling cuma 2 atau 3 orang dalam SETAHUN..!!

 

Trus dr. Johan bilang, “Nanti kalau kalian sudah jadi dokter bilang ke pasien kalian tentang pentingnya donor kornea. Kasihan kan orang-orang yang korneanya ruptur karena trauma, padahal dia harusnya bisa melihat lagi cukup dengan corneal graft, tapi karena tidak ada donor kornea-nya, dan dia berakhir buta.”


Romz dalam hati, “Hmmm…. Iya ya bener..”

 

dr. Johan cerita lagi, “Pasien saya tuh kalau dibilangin untuk donorin korneanya bilangnya… ‘Aduh, Dok, saya takut kalau donorin kornea saya, nanti saya di surga ga bisa ngeliat lagi’..”

 

Teman-teman rombongan H, “Hahaha…..”

 

Sementara Romz (dan kemungkinan besar Ria juga) dalam hati, “Wuah.. pede banget tuh orang kalau dia bakal masuk surga..!!”

 

dr. Johan nerusin, “Wah, kalau itu saya ga bisa bilang apa-apa.. Ga berani saya bilang kalau di surga pasti bisa ngelihat lagi, orang saya sendiri belum pernah ngerasain..”

 

Rombongan H, “Hahaha…..”

 

And then dr. Johan said the most precious thing, “Kalau saya sih masuk surga aja udah untung, buta juga nggak pa-pa.. Daripada udah masuk neraka, bisa ngelihat lagi..!!”

 

Rombongan H, “Hahaha…..”

 

Romz dan Ria, “Kik..kik..kik…..”

 

 

Entah kenapa ya.. kata-kata dr. Johan begitu mengena di hati Romz…… masuk surga aja udah untung, buta juga nggak pa-pa.. Daripada udah masuk neraka, bisa ngelihat lagi..

 

Tapi dr. Johan tuh emang adorable banget.. Ga sembarangan ngasih nilai.. Walaupun ngenes juga sih,, pernah salah satu temen nanya, tapi karena menurut dia pertanyaannya aneh (eh, bukan aneh ding,, menurut dia seharusnya ga usah dipertanyakan lagi karena itulah yang berusaha presentan jelaskan dari awal), langsung dikasih nilai 1.. SATU!! Bayangkan saudara-saudara,, dari skala nilai 1-10, dikasih nilai 1!! He2.. Senep banget dah..

 

Trus juga pernah,, presentan udah dikasih nilai 9 sama dia,, tapi karena SEKALI jawab pertanyaan salah (padahal ada banyak pertanyaan yang dijawab benar saat itu), langsung dikurangin jadi 6 nilainya!!

 

But, overall,, he is really adorable.. Jarang-jarang loh dokter yang sudah konsulen kaya dia gitu yang ngerti banget teknologi.. Biasanya dokter-dokter minta tolong ma kita-kita para mahasiswa kalau laptop ngehang ato LCD macet, dll.. Tapi dia JAUH lebih ngerti dalam hal begituan daripada kita.. Dan yang lebih kagetnya lagi.. Dari awal masuk R. Auditorium Mata tempat kami kuliah, Romz udah mikir, “Wuah.. sugoi.. modal banget nih Dept. Mata..!!”. Pokoknya R. Kuliah terbagus dari 6 modul lain yang udah Romz jalanin deh.. Semua-mua ada dan canggih (terlepas dari tempat-duduk-ga-ada-mejanya yang bikin Romz pegel kalo harus banyak mencatat).. Dan ternyata eh ternyata.. semua itu yang beli dr. Johan..!!

 

Pantes Reju ngefans banget ma dia..!! Jarang-jarang seorang Reju ngefans ma dosen.. He2.. [Reju…… peace..!!]

 

Trus masih di hari terakhir Mata juga,, yaitu PresKas Glaukoma dengan narasumber Prof. E. Wah itu mah kacau juga euy.. Lagian si Rej, Ran, ma Oc kaya ga pernah kuliah ma Prof. E aja,, kok diagnosis Glaukoma pake sudut terbuka ma sudut tertutup segala.. Jelas-jelas dia udah berkali-kali bilang kalo kompetensi dokter umum tuh cuma sampe diagnosis Glaukoma Akut dan Kronis,, sudut2annya mah urusan dokter mata.. Wajar aja kalo Prof. E rada-rada kesel..

 

Kirain hari-hari di Mata berakhir dengan kena omelan Prof. E,, eh ga taunya.. Di saat-saat terakhir dia malah ngasih tau trik yang GOKIL buat kita dalam menghadapi ujian lisan dengan para dosen..

 

Katanya… 1 dosen kan bisa nguji 6 orang mahasiswa.. jadi buat 1 mahasiswa pasti ada batas waktunya dong.. Nah, manfaatkanlah waktu itu seEFISIEN mungkin.. Katanya kalo dosennya mulai nanya, jawablah pertanyaannya dengan sekenanya aja, jangan langsung nyerocos ngeluarin semua ilmu yang kita punya,, cos kalo kaya gitu bakal gali lubang kuburan kita sendiri.. Bahkan kalo bisa, jawab dengan berlama-lama (supaya waktunya cepet abis dan ga banyak pertanyaan yang dikeluarin dosennya),, tapi tetep harus jawab pertanyaan dengan bener..

 

Haduh… Ternyata yang sudah Prof dalam hal ilmu kedokteran pun Prof juga ya dalam hal perujianan.. Baiklah,, Romz coba deh triknya.. He2..

 

Ngomong-ngomong.. Untuk saudara-saudaraku di Palestina sana.. Janji Allah pasti akan datang..!! Kita akan menang..!! Lebih baik berjuang habis-habisan di jalan Allah demi Islam seperti ini lalu masuk surga kan.. daripada sudah berjuang habis-habisan menghabiskan banyak uang untuk modal perang dengan membunuh banyak orang tak berdosa termasuk perempuan dan anak-anak lalu setelahnya menerima balasan mengerikan dari Allah di akhirat sana..!!

 

Gomen, ga banyak yang bisa Romz lakukan… ALLAHU AKBAR!!

Tags:

FINISHED

It’s a long time not to update my LJ. The main reason is I’m no longer in Forensic. Seperti yang semua anak FKUI tau,, Forensik itu ilmu yang menarik, dengan ruang kuliah yang sangat nyaman, dan tersedianya wireless. Jadi, sambil nunggu kuliah bisa browsing dan sambil kuliah bisa nunggu download-an selesai, dll. He2.. it’s kind of bad habit. Tapi, syukurlah, tidak sampai mengganggu akademis.

 

Setelah Forensik, Romz masuk bagian Anestesi. Unexpectable, I love it. Romz kira Anestesi itu bagian yang kurang seru, karena banyak obat yang harus dihapal, dengan berbagai dosis, onset, durasi, dll-nya itu. Juga karena berkisar tentang BLS, ALS,, yang udah pernah dapet selama di TBM. Tapi, ternyata.. SERU!! Dokter-dokternya pada baik, residen-residennya juga.. Walaupun ada stase di RS Persahabatan, di mana butuh perjuangan berat untuk sampai ke sana.. Tapi, perjuangan itu worthed, karena dapet banyak hal di sana,, ketemu dengan para Penata Anestesi yang jauh lebih jago dari koas-koas,, ketemu dr. Sapta yang baiknya minta ampun, selalu mau ngajarin,, ketemu dr. Navy dan dr. Ranjan yang super pinter,, ketemu kakak-kakak koas dari UPN yang juga baik.. Okelah pokoknya..!!

 

Sekarang, lagi jadi chief IGD (hmph..),, maxudnya jadi ketua rombongan IGD. Susah juga ya ternyata, harus menyediakan informasi yang update buat temen-temen, memastikan modul berjalan dengan baik, dll. Thx to Putri, Ricky, Nani, and Reju yang sebelumnya udah pernah jadi chief juga.. Sekarang jadi ngerti kesulitan kalian saat itu..

 

Kemarin, Sabtu, 3 January 2009 diadakan preRUA TBM. Diajukanlah LPJ dari berbagai bidang selama setahun kepengurusan. Akhirnya,, lega.. selesai juga amanah yang diemban selama ini.. yang berasa semakin berat sejak masuk klinik.. Ups, belum ding masih ada seminggu lagi menuju RUA, tempat lepasnya jabatan sebagai Ketua Bidang Humas benar-benar berakhir.. Sempat terpikir, setelah ini Romz tidak akan terlalu aktif lagi di TBM, mengingat jadwal klinik benar-benar menggila,, sebaiknya fokus di akademis,, Romz tidak mau berbuat kesalahan fatal yang membuat kelulusan Romz jadi tertunda.. Tapi, kedatangan Bang Haznim kemarin, yang menceritakan semua kenangannya selama di TBM zaman baheula, pandangannya tentang TBM saat ini, dan harapannya untuk TBM di masa depan,, membuat Romz berpikir ulang.. Mungkin Romz harusnya bisa, sedikit berkontribusi lebih di kepengurusan berikutnya..

 

TBM..

TBM...Collapse )

Tags:

YAMAPI’S SONG

NEWS released their new album, Color, a few days ago.. I haven’t heard all of the song yet,, only Forever, Mola, and Stardust that succeeded to be downloaded.. I think those songs are really great,, I like them..


Tags:

UPDATE FOOTBALL 23 November 2008

What happen with EPL.. Nande??
Semua big four dapat hasil yang kurang memuaskan, terutama Arsenal [kalah 3-0 dari Manchester City..?? kok bisa..]


trus bagaimana dengan MU..??Collapse )

Tags:

Andakah orangnya..??

Ini adalah cerita ringan, dialog antara Ust. Yusuf Mansur dengan Security POM Bensin.


 

ambil hikmahnya..Collapse )

Tags:

FOTO-FOTO ROMBONGAN H


Forensik ternyata bisa menjadi bagian yang dapat menyatukan kelompok ya..

Siapa yang tau ternyata Randy dan Ricky suka nonton DVD drama Komedi – Romantis..??

lihatlah.. bagaimana lucu2nya kami.. he2..Collapse )

Tags:

GERIATRI

     
 

Geriatri.. alias orang usia lanjut, berusia lebih dari 60 tahun dan memiliki hendaya atau sedikitnya 2 penyakit.

 

Alias juga bagian pertama rombongan H di klinik. Dijalani dari tanggal 15 September – 10 Oktober 2008 yang lalu [terpotong libur Lebaran seminggu]. Jadi, kami hanya menjalani 3 minggu di Bagian Geriatri IPD (Ilmu Penyakit Dalam), yang merupakan divisi paling njelimet di IPD. IPD sendiri adalah departemen yang paling njelimet dari seluruh departemen di RSCM [ini menurut Romz yaa..]. So, bulan puasa.. departemennya njelimet.. divisinya njelimet.. baru pertama masuk klinik lagi.. yaa.. gitu deh jadinya..

 
mau tau gimana njelimetnya?? read this more..Collapse )


Tags: